Sabtu, 03 Agustus 2013

Pelatihan Pencatatan Keuangan Usaha Kecil

Suasana Pelatihan
Bagi pelaku usaha kecil atau usaha kelurga atau usaha yang hanya dapat menopang/membantu ekonomi keluarga haruslah pandai-pandai mengatur keuangannya. Kebutuhan keuangan keluarga dan kebutuhan modal untuk usaha dipisahkan sehingga kebutuhan keuangan keluarga dapat diatur sedemian untuk memenuhi keperluan keluarga sebaliknya tidak menghambat kebutuhan keuangan usaha. Walaupun bagaimana kebutuhan keuangan keluarga sangatlah penting dan juga kebutuhan keuangan usaha juga demikian. Keduanya akan saling berkaitan dan saling mendukung untuk mendukung dari masing-masing kebutuhan tersebut.
Menindak lanjuti antara kedua kebutuhan tersebut, LKM Danau OPI melaksanakan pelatihan pengelolaan keuangan bagi pelaku usaha pariwisata di Danau OPI. Diharapkan agar masyarakat pelaku usaha di Danau OPI dapat menambah pengetahuan bagaimana cara mengatur dan membagi keuangan keluarga agar kebutuhan keuangan rumah tangga dan usaha dapat saling mendukung dan pengaturan dengan baik. 
Tidaklah heran dalam pengaturan keuangan usaha kadangkala tercampur dengan keuangan rumah tangga. Hal ini darenakan pola pengaturan keuangnnya tidak dapat dipisahkan mengingat apa yang menjadi pendapatan sudah barang tentu akan menjadi kebutuhan rumah tangga. Akan lebih rumit lagi ketika pendapatan dari usaha belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan rumah tanggga. Kadang kala dihadapkan dengan kebutuhan mendesak dan sangat perlu yang menyebabkan keuangan untuk usaha dipergunakan untuk kebutuhan keluarga yang mendesak tersebut. Selanjutnya usahanya akan tersendat karena modal yang ada menjadi minus dan bisa-bisa tidak bisa melanjutkan usahanya lagi. Hal inilah yang diberikan pelatihan pada kegiatan tersebut dengan harapan dapat mengatur semaksimal mungkin pengaturan keuangan bagi pelaku usaha di Danau OPI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar