Sabtu, 24 Agustus 2013

Penghijauan

Penghijauan di Danau OPI masih tergolong minim dari tanaman/pepohonan yang dapat dijadikan tempat berteduh maupun menghijaukan lingkungan danau. Jika hijaunya danau dikarenakan tumbuhan rerumputan adalah hal yang sudah ada itupun tidak dapat digunakan sebagai tempat berteduh. Tanaman hias menambah hijaunya danau juga masih minim. Kendala yang terjadi dikarenakan tanaman sulit tumbuh karena kondisi tanah merupakan hasil kerukan dari danau dengan tingkat kesuburan yang minim walaupun tidak tandus. 
Kendala lain diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat setempat untuk menanam tanaman dengan pola penanaman yang baik. Pola penanaman yang baik di seputaran danau tersebut sebetulnya dapat dilakukan dengan cara membuat lubang penanaman pohon dengan menggali tanah yang agak lebar dan mengganti dengan tanah pupuk, lalu tanamlah tanaman penghijauan serta rawatlah tanaman tersebut dari kerusakan baik dari hewan atau dari tangan-tangan jahil manusia. Rajin menyiramnya terutama saat kemarau atau kering yang airnya dapat diambil dari danau itu sendiri. Yakinlah suatu saat akan mendapat manfaatnya ketika pohon tersebut sudah tinggi dan besar.
Bagi warga di sekitar Danau OPI memerlukan tanaman penghijauan dan meminjam perlengkapan untuk penanam pohon penghijauan serta tanah pupuk, dapat meminta dan meminjam langsung ke Sekretariat LKM Danau OPI. Selamat menanam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar